Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Tampil di Galeri

Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Tampil di Galeri – Semua orang pasti memiliki privasi sendiri yang tidak ingin orang lain ketahui. Privasi tersebut juga berlaku pada alat yang semua orang mungkin sudah memilikinya satu-satu, yaitu smartphone. Nah setelah sebelumnya saya membahas mengenai Tips cara mengetahui nama kita di kontak whatsapp orang lain kali ini saya akan memberikan tips menyembunyikan file ini.

Pada smartphone kita kadang suka kesal karena media-media yang tidak ingin ditampilkan di galeri ehh malah terdeteksi semua. Alhasil orang yang suka meminjam smartphone kita jadi tahu rahasia besar kita wkwkwk. Selain tips ini kalian juga bisa membaca tips sebelumnya yang berbeda Cara Mengirim Foto dengan Password di Android. Nah okee masalah ini dapat diatasi dengan cara-cara berikut ini.

1. Memberikan titik pada folder/file yang ingin disembunyikan

Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Tampil di Galeri

Dengan cara memberikan titik pada awal file atau folder maka penampil media akan menganggap file tersebut hidden atau disembunyikan. Nah caranya cukup sederhana kalian hanya perlu masuk ke Manajer File/File Explorer/Pengelola file. Setelah itu maka ubah nama file atau folder dengan awalan titik (.)

Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Tampil di Galeri

Nah silahkan dicek di galeri pasti sudah tidak terdeteksi lagi kan.

2. Menambahkan file .nomedia pada folder

Nah cara lain yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menaruh file .nomedia ini di dalam folder yang ingin kalian sembunyikan isinya. File ini sebenarnya kadang ada di dalam folder-folder yang isinya disembunyikan sistem jadi kalian dapat copy saja file tersebut. Tapi bagi kalian yang tidak menemukan file .nomedia tersebut maka saya beri link download. Kalian tinggal comot langsung saja di bawah ini.

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Nah ini adalah cara yang paling mentok dan final. Ada banyak sekali aplikasi untuk menyembunyikan file di android. Tinggal cari saja hidden file maka akan ada banyak rekomendasi aplikasi yang dapat kalian pilih.

Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Tampil di Galeri

Bonus

Nah jika kalian menggunakan smartphone android yang sudah menggunakan OS Kostumisasi (MIUI, EMUI, COLOR OS, ONE UI, dll) maka saya yakin ada opsi untuk menyembunyikan file di smartphone kalian. Misal saja MIUI yang ada di semua smartphone Xiaomi.

Kalian hanya tinggal masuk ke pengelola file lalu tarik ke bawah hingga seperti ini.

Setelah itu akan muncul kunci pola yang harus kalian setting jika smartphone kalian mendukung sidik jari maka tinggal gunakan saja. Jika sudah maka kembali ke file/folder yang ingin disembunyikan lalu klik Lainnya sehingga muncul seperti di bawah ini. Lalu klik saja Sembunyikan.

Nah, sebenarnya di HP lain juga tidak jauh beda hanya saja kalian harus mengeksplorasi sendiri agar menemukan cara-caranya.

Okee itu saja Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Tampil di Galeri. Silahkan mampir juga untuk membaca Cara menyimpan story WhatsApp teman tanpa aplikasi tambahan. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan komentar dibawah apabila ada yang perlu dikoreksi,kebenaran hanya milik ALLAH SWT dan kesalahan datangnya dari diri saya sendiri, kita belajar bersama dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *