Tips Mengatur Keuangan Bulanan

Tips Mengatur Keuangan Bulanan

Okee lama tidak membahas tentang finance kali ini saya akan memberikan Tips Mengatur Keuangan Bulanan. Selamat mencoba.

Banyak orang pada saat pertengahan bulan sudah ngutang pada teman. Alasannya pun bermacam-macam. Bisa karena terlalu bernafsu dengan godaan diskon, khilaf, hingga habis tanpa ada catatan yang jelas.

Padahal untuk mengatur keuangan bulanan itu tidaklah sulit kok, yang sulit cuma berusaha komitmen untuk tidak tergoda dengan gaya hidup yang melebihi penghasilan yang didapatkan. (padahal itu yang sebenarnya sulit wkwkwk) tetapi tenang, berikut kami bagikan tips praktis mengatur keuangan bulanan.

RENCANAKAN SEMUANYA DENGAN CERMAT DAN BIJAK

Beberapa pakar keuangan memberikan saran untuk mengalokasikan dana penghasilan sesuai dengan porsi yang tepat. Simulasinya adalah dengan menggunakan pembagian penghasilan berdasarkan formula 10-20-30-40.

Formula apa itu? Jika kita jabarkan 10 persen untuk kebaikan, 20 persen untuk masa depan, 30 persen untuk utang, dan 40 persen untuk kebutuhan tiap bulan.

Contohnya jika gaji kamu Rp 3,5 juta perbulan. Maka, kamu bisa membaginya untuk kebaikan Rp 350 ribu, untuk masa depan Rp 700 ribu, untuk utang Rp 1.050.000 dan untuk kebutuhan bulanan Rp 1.4 juta.

Dana untuk kebaikan misalnya untuk sumbangan kepada yang membutuhkan. Dana untuk masa depan ini bisa kamu alokasikan untuk tabungan atau investasi, kemudian jika ingin membiayai gaya hidup seperti mencicil smartphone terbaru atau kebutuhan lainnya bisa diambil dari alokasi utang. Sisanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Inilah pengaturan keuangan yang cukup ideal. Dengan gaji UMR saja kamu masih bisa memenuhi kebutuhan kamu sendiri.

TABUNGAN HARUS DISISIHKAN DI AWAL GAJIAN

Siapa sih yang tak mau memiliki rumah atau kendaraan yang bagus? Jika kamu merasa tidak perlu kredit, kamu bisa menyimpannya untuk tabungan masa depan. Misalnya untuk DP rumah, biaya menikah atau biaya pendidikan masa depan.

Agar dana tidak terpakai atau tercampur dengan dana tabungan, memang harus disisihkan di awal saat gajian. Selain itu jika ingin lebih aman, dana tabungan harus dipisahkan penyimpanannya. Contohnya dengan membuat rekening terpisah antara penerimaan gajian dengan tabungan. Selain itu kamu juga bisa mengakali hal ini yaitu dengan membeli celengan sekali pakai.

MULAILAH BERINVESTASI

Investasi masih belum dilirik oleh sebagian orang karena menurut mereka terlalu rumit dan ribet, kami pernah mengulas hal tersebut di Ini Hal yang Membuat Kamu Enggan Untuk Berinvestasi

Biaya masa depan sebesar 20 persen sudah lebih dari cukup. Cobalah untuk mulai berinvestasi seperti memulai jual beli online atau investasi melalui reksadana dengan membaca Langkah Investasi Reksa Dana untuk Pemula. Bisa juga sih dengan mencicil tabungan emas dengan melihat Mencoba Nabung Emas di Tokopedia.

Sekecil apapun uang yang kamu dapatkan, bisa kamu alihkan langsung untuk investasi masa depan. Hasilnya bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan terutama kebutuhan jangka panjang.

CATAT PENGELUARANMU

Kebiasaan buruk kita adalah tidak pernah mencatat biaya pengeluaran bulanan. Rencana yang baik tanpa ada evaluasi akan kurang lengkap. Karena kita tidak bisa membuktikan apakah pengeluaran selama ini sudah sesuai dengan perencanaan atau malah sebaliknya.

Dengan mencatat pengeluaran maka kamu dapat mengevaluasi pengeluaran bulanan dan juga sebagai kontrol untuk tidak langsung membelanjakan sesuatu yang tidak penting.

BATASI PINJAMAN TIDAK LEBIH DARI SEPERTIGA PENGHASILAN

Mulailah membatasi anggaran demi suksesnya mengatur keuangan. Salah satu yang wajib kamu pertimbangkan adalah saat mengajukan pinjaman. Batasi jangan sampai lebih dari sepertiga penghasilan.

Hal ini juga yang jadi pertimbangan beberapa fintech lendingKredivo misalnya memberikan syarat bagi pengguna yang ingin daftar minimal punya penghasilan Rp 3 juta perbulan. Artinya dari soal penghasilan saja sudah dipikirkan batas amannya agar bisa mengatur keuangan dengan cermat.

Syarat tersebut juga ditambah dengan usia minimal 18 tahun serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Kredivo sendiri punya beberapa produk pinjaman tunai yang praktis, mudah serta fleksibel soal besaran dananya. Tidak ada agunan dan bisa ajukan secara online saja kok.

Bunganya mulai dari 2,95% saja dengan pilihan tenor 30 hari, 3 atau 6 bulan. Jumlah nominalnya juga bisa mulai dari Rp 500 ribu untuk tenor 30 hari, dan mulai Rp 1 juta untuk tenor 6 bulan.

Itulah Tips Mengatur Keuangan Bulanan. Mudah-mudahan kini kamu sudah paham dan bisa mempraktekannya dengan baik sehingga tidak kesulitan lagi dalam hal keuangan.

Tinggalkan komentar dibawah apabila ada yang perlu dikoreksi,kebenaran hanya milik ALLAH SWT dan kesalahan datangnya dari diri saya sendiri, kita belajar bersama dan sampai jumpa di tulisan berikutnya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel terbaru dari mesodigital dengan cara subscribe di bawah ini ...

2 Comments

  1. Bermanfaat sekali gan

Leave a Reply