Panduan Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor

Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor

Panduan Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor – WordPress merupakan salah satu platform CMS(Content Management System) untuk website yang terpopuler saat ini. Banyak dari website-website terutama untuk platform blog menggunakan WordPress alasannya selain menjadi CMS dengan komunitas yang besar juga tersedia banyak plugin-plugin yang tinggal comot tanpa harus mengerti coding.

Setelah update ke versi 5.0 dan setelahnya, wordpress mengubah default editornya dari yang dulunya editor klasik menjadi gutenberg editor. Walaupun mendapatkan banyak kritik tetapi wordpress tetap mempertahankan gutenberg editor sebagai default editornya.

classic editor
gutenberg editor

Gutenberg editor menggunakan konsep Block setiap elemennya. Hal tersebut memudahkan kita dalam mengedit serta mengatur posisi. Hebatnya lagi ketika kita mencopy sesuatu di website atau di Microsoft word/excel maka otomatis pengaturan-pegaturan yang ada didalamnya akan sama dengan ketika kita paste ke editor gutenberg. Okee langsung saja.

Persiapan

Login menggunakan akun wordpress kalian lalu masuk ke Pos=>Tambah baru. Dengan begitu maka tampilan akan seperti di bawah ini. Jika kalian belum mempunyai situs dengan wordpress silahkan mampir di Cara membuat website wordpress secara gratis untuk pemula yang ingin belajar.

Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor
  • Tuliskan judul di dalam blok yang paling atas
  • Blok kedua merupakan blok yang bisa kita isi dengan berbagai macam elemen misalnya gambar, paragraf, tabel, tombol dll

Mengisi judul dan mulai menulis

Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor

Setelah kalian mulai menulis maka kira-kira tampilannya akan seperti di atas. Jika kalian ingin membuat link, membuat tebal/miring tulisan, mengatur paragraf caranya yaitu dengan mengklik ikon-ikon di atas blok tersebut lalu gunakan layaknya menggunakan Ms.Word.

Menambahkan gambar

Jika sudah selesai menulis dengan blok tersebut lalu kalian ingin menambahkan gambar maka caranya yaitu dengan menekan enter lalu klik ikon + di kanan blok tersebut.

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor

Nah, kemudian pilih gambar lalu masukkan gambar yang ada di komputer kalian untuk di upload di sini. Mudah sekali kan??Hal ini juga berlaku jika kalian ingin menambahkan paragraf, tabel, judul, kutipan dll maka langkah-langkahnya sama seperti di atas.

Mengatur posisi

Ternyata sewaktu kita sudah selesai upload gambar ada yang tidak pas karena gambarnya seharusnya di bawah paragraf yang tadi sudah kita tulis sebelumnya. Tidak usah repot-repot mengapus gambar dulu terus upload lagi, di gutenberg editor ada navigasi untuk mengatur posisi sehingga penempatan elemen blok sesuai dengan kehendak kita. Caranya cukup klik blok yang diinginkan lalu klik tanda panah yang ada di sisi kiri blok seperti gambar di bawah ini.

Cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor

Okee itu saja cara Menulis di WordPress dengan Gutenberg Editor. Semoga artikel ini bermanfaat silahkan komentar jika ada sesuatu yang mengganjal. Oiya bagi teman-teman yang masih menggunakan wordpress versi 4.xxx dan ingin menggunakan gutenberg editor bisa install pluginnya disini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar dibawah apabila ada yang perlu dikoreksi,kebenaran hanya milik ALLAH SWT dan kesalahan datangnya dari diri saya sendiri, kita belajar bersama dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Dapatkan informasi terupdate!!

Dapatkan artikel terbaru dan terupdate dari mesodigital dengan mengisi form di bawah ini

Leave a Reply