Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari – Ketika kita menggunakan layanan Google yang begit luar biasa di mana sewaktu berselancar di internet maka hasil pencarian google search akan selalu pas buat kita. Ketika Youtube merekomendasikan video maka akan selalu sesuai dan akhirnya kita tonton. Ketika Iklan Google adsense (Baca juga : Cerita cara diterima Adsense cuma 5 hari setelah pembuatan blog terbaru 2019) yang selalu sejalan dengan apa yang sering kita cari, semua itu bukan serta merta kekuatan magis google, tetapi google mengambil data-data pribadi kita untuk keperluan big data kita saja untuk third party, iklan apa dan konten apa saja yang kira kira cocok untuk kita.

Google menerapkan SSO(Single Sign On) yang berarti layanan yang ada di google semua terintegrasi oleh satu model login, yaitu menggunakan Gmail. Artinya, hal tersebut memudahkan google dalam mengambil data-data kita. Ya walaupun menurut saya, apapun yang google lakukan semata-mata hanya untuk memperbaiki kualitas layanannya. Tapi bagi teman-teman yang ingin tahu apa saja data yang diambil google tanpa kita sadari, berikut penjelasannya.

Oiya catatan saja, ketika kelian menggunakan fitur incognito mode pada Google Maps (Google Maps perkenalkan fitur Incognito mode) misalnya, maka histori data kalian tidak akan dicatatat oleh google, begitupun di Chrome, youtube dan aplikasi lain dengan incognito mode.

A. Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

1. History Pencarian

Ini sih seharusnya juga teman-teman semua sudah menyadarinya. Hal tersebut meliputi kata kunci yang kita cari, Kapan kita melakukan pencarian, Melalui perangkat apa, Lokasi, komplit pokoknya. Misalkan kita lagi gabut buka website unik yang membunuh kegabutan. Maka dalam history tersebut akan tampil semua data kita.

Lalu bagaimana jika kita sudah menghapus history di browser kita? Well, hal tersebut hanya menghapusnya dari browser kita. Google masih memiliki catatan lengkap dari history kita. Jika kalian ingin tahu kalian bisa mengunjungi link ini.

2. History Lokasi

Tanpa kalian sadari google sebenarnya mentracking lokasi kita lalu menyimpanya. Semua data perjalanan kita ada di sini. Mulai dari kota, jalan yang kita lewati, tempat yang kita kunjungi, dan banyak sekali data tentang lokasi kita.

Jika kalian ingin mengetahui lokasi mana saja yang sudah kalian kunjungi silahkan klik di sini. Luar biasa bukan? Saya bahkan lupa pernah mengunjungi tempat tersebut kapan wkwkwk, tapi kita bisa melihat semua riciannya di google.

Lalu sebenarnya jika kalian sering buka Gmail, Google mengirimkan summary/rangkuman perjalanan kita setiap bulannya. Cari saja email dari Google Maps Timeline Kira-kira seperti ini tampilannya.

Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

3. History Video Youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa platform berbagi video terbesar ini juga milik Google. Apapun yang kita cari di Youtube entah itu video yang gak sengaja kepecet ehh ada historynya. Nah jika kalian ingin tahu apa saja history yang ada di email teman-teman, bisa klik di sini.

Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

4. Aplikasi/Layanan yang pernah, maupun sedang di install dan dipakai

Semua aplikasi yang pernah kalian install akan tercatat dengan komplit. Seberapa sering suatu aplikasi digunakan, di mana digunakannya dan seberapa sering pemakaiannya, Ijin dari aplikasi tersebut apa saja. Semua data aplikasi tersebut. Hal tersebut juga berlaku jika kalian login ke sebuah website menggunakan akun google.

Semua data-data tersebut dapat kalian lihat di sini.

5. Google Keyboard (Gboard)

Dibalik kecerdasan dari keyboard yang sering tahu apa yang kita pikirkan setelah kita mulai mengetik ini, google mengumpulkan banyak data berharga dari kita.

Google Keyboard dimana Your Gboard learned words help you with spelling and to predict searches you might be interested in. When Sync learned words is turned on for a device, your learned words are saved to your Google Account to use across devices. 

Garis bawahi bagian “..predict searches you might be interested..” jadi bisa jadi, iklan iklan yang terpampang pada website itu bukan hanya karena perangkat kita disadap. Namun, saat kita menggunakan Google Keyboard, Google menyimpan data kita dan memprediksi kira kira apa yang akan kita mau. 

8. Data Berupa Foto, Video, Gmail, Kontak, dan banyak sekali data

Ini sih gila!. Bayangkan semua data kita ternyata google rekam. Dari foto, mulai dari waktu pemotretan, lokasi, dengan HP apa, bahkan foto tersebut mungkin kalian lupa pernah memilikinya, rinci banget pokoknya. Video juga demikian, ada banyak sekali video juga. Semua layanan google ternyata merekam data penggunanya.

Jika kalian kepo apa saja yang sudah kalian lakukan dengan google klik saja link ini. Lalu download saja semua data yang ada di takeout tersebut. Jika kamu menggunakan email utama, maka saya pastikan data kalian akan bergiga-giga banyaknya

Scroll saja kebawah, pusing saking banyaknya

Jika kalian ingin mendownload semua data, kalian cukup klik “Langkah Selanjutnya” Lalu atur bagian Frekuensi dan Berapa ukuran yang dikehendaki. Lalu Klik “Buat Ekspor”.

B. Bagaimana cara membatasi google agar tidak terlalu memata-matai kita?

Jika kalian risih dengan apa yang google lakukan, atau sekedar was-was dan takut jika pada suatu hari email anda terbobol/terhack, kalian bisa membatasi apa saja yang bisa google rekam. Yang harus kalian lakukan adalah menghapus data yang sudah terekam dan membatasi google untuk waktu berikutnya.

1. Membatasi akses google

Cara pertama yaitu membatasi akses yang google lakukan dengan cara mengaturnya melalui Google My Activity, Lalu klik pada bagian “Kontrol aktivitas” Sehingga tampilan akan seperti di bawah ini.

Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

Setelah itu, atur-atur saja sesuai yang kalian inginkan.

2. Menghapus data-data yang kalian inginkan

Cara ini dilakukan dengan menghapus semua data yang sudah kalian simpan. Buat kalian yang berniat menjual Gmail dengan orang lain jangan lupa juga menghapus melalui cara ini. Hal tersebut jarang sekali dilakukan sehingga orang lain dapat dengan mudah mendapatkan info pribadi kita dengan detail. Kecuali kalian cuma jual akun Gmail tumbal wkwkwk buat yang ingin tahu akun gmail tumbal bisa baca Membuat email tumbal dari Gmail tanpa nomor handphone.

Okee langkah-langkahnya pertama buka Google My Activity, Lalu klik pada bagian ” Hapus aktivitas” lalu pilih waktunya apakah sejam bahkan sepanjang waktu terserah teman-teman. Setelah itu pilih layanan apa saja yang datanya ingin teman-teman hapus. Terakhir klik “Berikutnya” dan ikuti saja langkah-langkahnya.

Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?

C. Bagaimana menghindari google agar tidak terlalu memata-matai kita?

Setelah kalian tahu mungkin kalian jadi paranoid terhadap google. Bahkan kalian ingin menghindari hal tersebut. Jawabannya tentu saja bisa, kalian tinggal mengganti model layanan serupa yang nongoogle wkwkwk conohnya seperti berikut,

  1. Peramban Chrome menjadi Firefox karena dilengkapi anti track dan melindungi privasi pengguna
  2. Mesin Pencari Google menjadi DuckduckGo karena tidak track diri kita
  3. Sistem Operasi Gawai Android menjadi Custom Room
  4. Email GMAIL menjadi email custom seperti membuat email sendiri dari domain
  5. Maps dengan Google Maps memakai maps lain seperti MapQuest
  6. Simpan buku dengan Google Play Book memakai penyimpanan lain
  7. Menyimpan data dengan Google Drive memakai dropbox kek atau VPS sendiri atau jika hanya file-file kecil saja kamu bisa baca Cara Menghasilkan Uang dengan Upload File di Internet Lewat Sfile.mobi.
  8. Simpan data permainan dengan Play Games memakai hal lain. Namun saya tidak tau alternativenya apa

Hmm cukup ribet bukan? kenapa musti ribet-ribet kalau yang simpel saja ada. Langkah preventif yang bisa kalian lakukan ya menjaga privasi. Selain itu selalu aktifkan verifikasi 2 langkah di Gmail teman-teman.

D. Kesimpulan

Sebagai raksasa teknologi yang terkenal sekaligus kebanyakan layanan yang ditawarkannya gratis, google memberikan kompensasi atas “gratisnya” dengan menukarkannya dengan data kita. Hal tersebut dilakukan google untuk beberapa keperluan yang menyangkut kita juga.

Walaupun hal itu dilakukan oleh google tanpa kita sadari, tetapi jika kalian membaca dengan teliti persyaratan privasi atau syarat dan ketentuan layanan yang ditawarkan google kalian seharusnya tidak bisa menyalahkanya. Pasalnya hal itu sudah dengan jelas dijabarkan di setiap laman di layanan yang mereka tawarkan.

Dengan segudang fitur yang ditawarkan saya rasa tidak masalah jika google mengambil data kita, toh bukan untuk kriminalitas tapi untuk meningkatkan layanan mereka. Bayangkan saja jika layanan tersebut tidak ada, bisa ribet dan tentunya tidak sesimpel seperti sekarang.

Sebagai pengguna internet yang bijak kalian juga harus teliti ketika ingin menggunakan layanan entah itu dari google ataupun bukan. Bisa jadi apa yang teman-teman lakukan secara tidak sengaja dapat membocorkan data pribadi kalian. Tetap bijak dalam menggunakan teknologi yaaa.

Okee itu saja artikel mengenai Data Pribadi Apa Saja yang Google Ambil Tanpa Kita sadari?. Semoga memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Jangan sungkan untuk bertanya atau sekedar mampir di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar dibawah apabila ada yang perlu dikoreksi,kebenaran hanya milik ALLAH SWT dan kesalahan datangnya dari diri saya sendiri, kita belajar bersama dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Dapatkan informasi terupdate!!

Dapatkan artikel terbaru dan terupdate dari mesodigital dengan mengisi form di bawah ini

Leave a Reply