5 Teknologi Inovasi Karya Anak Bangsa yang Patut Anda Banggakan

Teknologi Inovasi Karya Anak Bangsa

5 Teknologi Inovasi Karya Anak Bangsa yang Patut Anda Banggakan. Menjadi negara dengan setumpuk masalah tidak menjadikan Indonesia menjadi negara terbelakang dalam hal berinovasi. Adalah beberapa anak bangsa yang menghasilkan produk dengan inovasi teknologi yang tidak boleh Anda remehkan.

Semakin berkembangnya teknologi modern saat ini tidak lantas membuat anak bangsa berpangku tangan dan hanya menjadi pengguna inovasi produk saja. Namun, beberapa dari mereka mengambil bagian untuk menemukan atau menghasilkan inovasi yang berguna bagi kehidupan.

Berikut 5 teknologi  inovasi karya anak bangsa yang perlu Anda ketahui.

Lampu Abadi

Teknologi Inovasi Karya Anak Bangsa
source: tekno.tempo.co

Salah seorang mahasiswa Universitas Brawijaya berhasil berinovasi dengan produk yang diberi nama lampu abadi. Ia menggunakan bakteri khusus yang bisa menghasilkan cahaya terang. Semakin banyak kadar bakteri tersebut digunakan, akan semakin teranglah lampu tersebut.

Lampu ini tentu saja sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk menghemat tenaga listrik. Walaupun bakteri-bakteri yang digunakan akan mati, tetapi sebelumnya mereka akan menghasilkan induk bakteri baru sehingga lampu tersebut tidak akan pernah padam.

Tempat Sampah Pintar

Teknologi Inovasi Karya Anak Bangsa
source: inet.detik.com

Produk teknologi inovasi karya anak bangsaini juga merupakan karya seorang mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK)  . Keinginan yang besar untuk menciptakan Smart Trash Can ini didasari oleh kegelisahannya akan tata kelola sampah di Indonesia. Tempat sampah ini mempunyai sensor yang bisa membedakan jenis sampah.

Tong sampah ini bisa mengklasifikasi jenis sampah, seperti sampah berbahan metal, plastik, sampah rumah tangga, dan sampah kaca. Tutup tong sampah akan terbuka otomatis untuk tempat sampah yang ingin kita buang di sana.

POTRET

source: merdeka.com

POTRET ini tidak ada hubungannya dengan aktivitas fotografi. Ia merupakan kepanjangan dari Polisi Tidur Untuk Pembangkit Listrik. Seorang mahasiswa dari Universitas Brawijaya memanfaatkan polisi tidur untuk berinovasi dalam hal teknologi.

Pada polisi tidur dipasang pegas yang bisa memompa saat ada kendaraan yang melewatinya. Sistem kerja yang serupa generator di dalamnya akan mengubah tenaga pegas menjadi tenaga listrik. Pemasokan listrik di area umum menjadi terbantu dengan adanya teknologi inovasi karya anak bangsa ini.

Kulkas Anti Freon

source: news.detik.com

Bagaimana jika anak SD bisa membuat benda yang bisa mendinginkan sesuatu? Nah, ini yang terjadi kepada dua anak SD di Semarang. Mereka bisa mendinginkan sesuatu tanpa menggunakan listrik sama sekali.

Begitulah Dua siswa kelas 6 SD Al Azhar 14 Semarang yang mengharumkan nama Indonesia di ajang World Creativity Festival yang diselenggarakan di Korea Advanced Institue and Technology (KAIST) di Daejon, Korea Selatan ,17 -18 Oktober 2019. Mereka bernama Arya Nardhana Syariendrar dan Sanika Putra Ramadhan berhasil meraih medali perunggu karena membuat lemari es tanpa listrik.

Caranya mudah sekali dan bisa Anda terapkan di rumah. Ada tiga bahan yang diperlukan yaitu kotak styrofoam, pasir, dan air dingin. Anda cukup menempatkan sesuatu yang ingin Anda dinginkan ke dalam sebuah wadah kaleng.

Kemudian, Anda masukkan ke dalam kotak styrofoam. Lalu isi kotak dengan air dingin dan pasir. Beberapa saat kemudian, bahan yang Anda masukkan tersebut akan menjadi dingin. Silahkan Anda coba di rumah.

Sehati TeleCTG

Teknologi Inovasi Karya Anak Bangsa
source: tekno.tempo.co

Inovasi yang sangat prospektif ini memang sangat luar biasa. TeleCTG ini merupakan hasil inovasi dan pengembangan dari alat CTG konvensional. Dengan karya anak bangsa ini, bidan bisa memantau kesehatan janin dan juga ibunya walaupun berada di daerah terpencil sekalipun.

Perangkat ini berukuran kecil atau mini sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyambungkannya ke ponsel pintar Anda.

Demikianlah lima karya inovasi dalam bidang teknologi yang dilakukan anak bangsa dan patut Anda acungi jempol. Dari kelima karya ini memiliki fungsi tersendiri sehingga Anda tidak perlu membandingkan karya mana yang paling bagus.

Selama karya tersebut bermanfaat untuk kepentingan umum, Anda harus mendukung inovasi tersebut. Menghargai teknologi inovasi karya anak bangsa harus Anda lakukan apalagi jika Anda belum bisa menghasilkan karya apa pun untuk kemaslahatan bangsa Indonesia.

Tinggalkan komentar dibawah apabila ada yang perlu dikoreksi,kebenaran hanya milik ALLAH SWT dan kesalahan datangnya dari diri saya sendiri, kita belajar bersama dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Dapatkan informasi terupdate!!

Dapatkan artikel terbaru dan terupdate dari mesodigital dengan mengisi form di bawah ini

Leave a Reply